Saturday, February 1, 2014

CABLE SCHEDULE


Sebagai seorang Electrician,penguasaan terhadap berbagai jenis Electrical Drawing adalah suatu keharusan.Electrical Drawing adalah salah satu jenis dari Technical Drawing yg benar2 harus di pahami dan di mengerti oleh seorang Electrician,karena sangat menentukan dalam proses ketepatan  installasi dan maintenance suatu peralatan electrical.
Nah..kali ini saya akan coba membahasa tentang salah satu Electrical drawing yaitu Cable Schedule.Jenis Drawing yang satu ini sering kita gunakan untuk referensi MTO (Material Take-off)/pengadaan kabel, pada proses Cable Pulling,dan Terminasi.
CABLE SCHEDULE  adalah daftar dokumen yang berisi informasi tentang kabel yg akan di gunakan dalam suatu Electrical project. Dokumen ini menunjukkan Jenis kabel serta Gland yang dibutuhkan oleh masing-masing peralatan dalam proses terminasi . Informasi dari CABLE SCHEDULE harus terdiri:   
   - Nomer Kabel
   - Type kabel / Spesifikasi
   - Ukuran Kabel
   - Panjang Kabel
   - "From" dan "To" Kabel.
   - Jenis Gland kabel dan ukuran untuk masing-masing kabel yang masuk.

Untuk informasi panjang kabel,saya tidak menganjurkan untuk memotong kabel berdasarkan informasi panjang yang tertera pada Cable schedule,demi untuk efisiensi dan ketepatan.Untuk pemotongan yang sebenarnya saat proses penarikan kabel/pulling kabel di lapangan.
Di Shipyard (terutama di tempat saya bekerja sekarang)  kami sangat jarang mendapatkan cable schedule,padahal informasi yg ada pada kabel schedule sangat banyak membantu dalam proses intallasi di lapangan,seperti informasi jenis gland,jenis kabel,arah kabel (from and To).
Contoh cable schedule dapat di download di sini.

Group Teknisi K3 Listrik Indonesia di Facebook
#Salam_Setrum


1 comment:

  1. Wynn Las Vegas and Encore | JetBlue Luxury Hotels
    Discover cheap deals for Wynn Las Vegas and 속초 출장마사지 Encore in Las Vegas starting at 성남 출장마사지 $159. 경산 출장마사지 Save up to 60% off with our Hot Rate 평택 출장샵 deals when booking a 천안 출장마사지 last minute

    ReplyDelete