Monday, March 31, 2014

SAFETY DEVICE DI MAIN SWICTH BOARD (MSB) KAPAL



Main switch Board adalah suatu susunan peralatan listrik / komponen listrik yang dirangkai atau disusun sedemikian rupa didalam suatu papan control (board) sehingga saling berkaitan dan membentuk fungsi sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan untuk konsumsi listrik di kapal.Main Switch Board menghubungkan pembangkit listrik (Genset) dan beban listrik (Electro motor,Blower,Lighting,Dll).


Safety Device main switch board sangat penting untuk mengisolasi/memutuskan semua jenis kesalahan dalam sistem listrik kapal.Kita tidak dapat membayangkan apa yg akan terjadi bila safety device tidak ada/tidak berfungsi,kemudian terjadi short circuit/Hubung singkat dalam suatu sistem dapat menyebabkan pemadaman seluruh kapal .

Oleh karena itu , Safety device yang digunakan di kapal dan di installl pada main switch Board (MSB) dan panel distribusi listrik . Hal ini memastikan Safety-nya dan efisiensi dan keselamatan pribadi dari sengatan listrik bahkan ketika ada suatu sistem listrik yang bermasalah .

Safety Device yang dipasang pada Main Switch Board diantaranya adalah:

Circuit Breakers
Circuit Breakers adalah auto shut down perangkat yang akan bekerja jika ada kesalahan pada sistem listrik.Terutama selama overloading atau hubung singkat , Circuit Breaker akan memutuskan pasokan listrik dari MSB ke beban (load).Dikapal akan sangat banyak kita jumpai Device ini.





Sekering/Fuse
Digunakan untuk perlindungan Hubung singkat (Short Circuit) Jika arus yang melalui rangkaian melebihi nilai yang di tentukan, sekering/fuse akan putus/mencair dan memutuskan hubungan MSB dari load/beban.Biasanya sekering digunakan dengan 1,5 kali arus beban penuh.





Over current relay (OCR)
OCR digunakan terutama pada panel lokal(dekat dengan equipment/beban) dan MSB untuk perlindungan dari lonjakan arus tinggi.Biasanya OCR disetting setara dengan arus beban penuh beban/load.



Safety device di sistem kelistrikan kapal sangatlah banyak tergantung seberapa urgensinya dan pentingnya faktor keselamatan di kapal.Equipment yang saya tampilakan di atas hanyalah sebagian saja,mudah2an dapat membantu para electrician pemula untuk memahami masalah safety device di MSB dalam kelistrikan kapal.

Group Teknisi K3 Listrik Indonesia di Facebook
#Salam_Setrum

3 comments:

  1. Tks pak sangat membantu,kalau bisa ditambah lagi pak dan cara kerjanya safety devicenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK siap, jika sudah longgar aktivitas pekerjaan saya akan tulis lagi yang berhubungan dengan safety device dikapal yang lain. Terimakasih atas komentar baik dan kunjungannya.

      Delete
  2. Untuk freesential trip dan reverse power relay apakah termasuk sefaty device Main switch board

    ReplyDelete