Saturday, July 8, 2017

SYARAT APA SAJA YANG HARUS DIPENUHI BAGI SEORANG TEKNISI K3 LISTRIK UNTUK BEKERJA PADA KEADAAN BERVOLTASE/BERTEGANGAN/LIVE

SNI 0225:2011(PUIL 2011) mengatur bagaimana caranya Teknisi K3 Listrik harus bekerja pada keadaan Bervoltase/bertegangan/Live.
Pada halaman 634 dijelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi :
1. Tenaga kerja harus sedikit-dikitnya dua orang, harus ahli, terampil bekerja pada keadaan bervoltase, dan memiliki surat izin kerja dari petugas yang berwenang. Sekurang- kurangnya seorang diantaranya harus bertindak sebagai pengawas ditempat kerja.
2. Tenaga kerja harus dalam keadaan sehat rohani dan jasmani serta sadar, tidak mengantuk, dan tidak dalam keadaan mabuk.
3. Tenaga kerja harus berdiri ditempat yang berinsulasi dan atau menggunakan perkakas yang berinsulasi dan andal, atau perlengkapan lain yang memenuhi syarat, sesuai dengan voltase kerja perlengkapan yang akan dikerjakan.
4.Tenaga kerja harus menggunakan pengaman badan yang sesuai seperti sarung tangan pengaman, topi pengaman, sepatu pengaman dan sabuk pengaman.
5. Semua perlengkapan harus diperiksa setiap kali akan dipakai sesuai dengan petunjuk yang berlaku.
6. Keadaan cuaca harus baik, tidak mendung dan tidak hujan bila bekerja di luar ruangan.
Kemudian Dilarang bekerja dalam keadaan bervoltase di:
1. Ruang dengan bahaya kebakaran atau bahaya ledakan.
2. Ruang lembab dan ruang sangat panas.
Pekerja dilarang menyentuh perlengkapan listrik yang bervoltase dengan tangan telanjang meskipun ia telah membuat dirinya terinsulasi dari bumi.
Untuk pelaksanaan pekerjaan pencabangan kabel tanah dalam keadaan bervoltase harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1.Tenaga kerja wajib memakai alat pengaman berupa kaca mata pengaman, sarung tangan pengaman.
2.Memotong selubung logam harus dengan perkakas khusus yaitu yang tidak merusak kabel tanah.
3.Jarak rambat antara ujung selubung logam setelah dipotong dan konduktor yang insulasinya akan dikupas harus cukup sehingga tidak mungkin terjadi loncatan listrik dari konduktor ke selubung logam.
4. Setiap inti kabel tanah harus dilapisi insulasi tambahan yang cukup dan bila perlu inti yang satu direnggangkan dari inti yang lain dengan gawai tertentu.
Memenuhi syarat-syarat bekerja pada keadaan bervoltase/bertegangan adalah kewajiban bagi seorang Teknisi K3 Listrik.

Group Teknisi K3 Listrik di Facebook
#Tetap_semangat
#Salam_setrum

No comments:

Post a Comment