Saturday, July 8, 2017

TUSUK KONTAK & KOTAK KONTAK VERSI PUIL 2011

Sebagian teman2 Teknisi mungkin masih asing dengan bahasa judul dia atas.kira2 seperti ini artinya:
Tusuk Kontak = Electrical power Plug
Kotak Kontak = Electrical power Socket
atau mungkin ada lagi istilah lain misalnya "Colokan","Steker"& "stop Kontak"

Judul diatas memakai bahasa indonesia baku versi PUIL 2011.
Saya tertarik menulis ini karena ada pertanyaan menarik dari rekan Teknisi di group ini,yang menanyakan masalah standarisasi pemasangan tusuk kontak/Plug.
Mengapa untuk listrik single phase harus menggunakan 3 wire/kabel dengan warna yg berbeda.
Adakah standard yg mengatur masalah ini.
Saya jawab ada dan akan saya posting di group supaya rekan Teknisi yg lain yg belum memahami ini bisa ikut membaca.
Sumbernya dari :
- SNI 0225-2011 (PUIL 2011)
- SNI 0225-2013 Amd 1:2013 (PUIL 2011 Amd 1:2013)
yg diadobsi dari IEC 60364-5-52-2009 (Low Voltage electrical Installations)
Pada Gambar 1,saya crop langsung dari PUIL 2011 menjelaskan bahwa Untuk tegangan diatas 50V ,tusuk kontak dan kotak kontak harus menggunakan pembumian/grounding.Untuk lebih detail silahkan lihat gambar
Pada gambar 2,juga saya crop langsung dari PUIL 2011
Menjelaskan cara wiringnya secara detail dengan memperlihatkan yg salah dan benar.Detailnya silahkan lihat gambar
Pada gambar 3 ,juga saya crop langsung dari PUIL 2011
Menjelaskan tentang standarisasi warna kabel.
Jika kita pelajari dengan detail bisa kita tarik kesimpulan bahwa dengan listrik single phase pada tegangan diatas 50V harus menggunakan type tusuk kontak/plug dan kotak kontak/socket yg jenis Grounded yang tentunya 3 pin/3 wire/kabel(Line/L:Netral/N:dan Ground/G) dan tergolong Class-1(Grounded).
Untuk warna kabelnya L =coklat, N=Biru, dan G=Hijau kuning.
#NOTE:
Tulisan diatas adalah pendapat dan pemahaman saya pribadi,dengan keterbatasan ilmu dan pendidikan yang yang saya miliki,Kemungkinan salah penafsiran pasti ada.
Untuk referensi yang akurat silahkan Buka dan pelajari PUIL 2011 sebagai acuan utama.


Group Teknisi K3 Listrik Indonesia di Facebook
#Salam_setrum



No comments:

Post a Comment